Memulai Usaha Warnet

Warnet merupakan usaha menyediakan jasa/layanan kepada pihak ketiga/pengguna berupa akses internet sehingga pengguna dapat berkomunikasi dan mencari informasi yang dibutuhkan. Untuk memulai usaha warnet harus diperhatikan beberapa hal sebagai berikut :

Lokasi
Lokasi merupakan hal pertama yang kita pertimbangkan dalam memulai usaha warnet. Kenapa?karena kalau di lokasi sekitar warnet tersebut tidak ada user yang potensial, maka warnet kita akan sepi, dan akhirnya target pendapatan tidak tercapai. Tempat yang biasa dipilih diantaranya berdekatan dengan sekolah/perguruan tinggi, tempat keramaian misal di mall atau di cafe. Warnet berdekatan dengan sekolah akan lebih baik, karena biasanya selain akses internet yang mereka butuhkan banyak kebutuhan lain yang muncul, misal print foto, pengetikan, scan foto, isi games atau musik ke handphone, pencarian materi untuk tugas dan lain-lain. Namun kelemahannya kalau dekat sekolah apabila saat liburan tiba, maka pendapatan trendnya menurun, hal ini dialami sendiri oleh saya hehehe....tapi ya namanya usaha, khan ada turun naiknya ya...masak mau di atas terus ...hehehe



Komputer (Hardware & Software)
Komputer disesuaikan dengan budget kita dan tujuan kita, maksudnya apakah warnet kita menyediakan layanan internet saja ataukah dengan games onlinenya juga. Untuk games online spesifikasi komputernya lebih tinggi,berkisar sekitar 2,5 - 3 juta per unitnya. Apabila untuk akses internet aja komputer Pentium III juga sudah cukup, tinggal kita tambah memorinya supaya tidak terlalu lambat. Atau memakai alternatif CPU yang berprosesor AMD. Oh ya selain hardware diperhatikan juga softwarenya, apakah mau memakai Microsoft Windows (berlisensi) ataukah yang Opensource. Untuk windows kita harus menambah budget untuk membeli lisensi, yang per unitnya mencapai rp. 800 ribu.Lebih ekonomis apabila menggunakan Open Source (Linux), namun tidak semua user terbiasa dengan sistem operasi ini.



Internet Service Provider (ISP)
Pemilihan ISP sangat menentukan dalam usaha warnet, sisi kualitas koneksi, kestabilan koneksi dan harga menjadi hal yg perlu diperhatikan. Sesuaikan pemilihan akses internet dengan perhitungan kita. Untuk jumlah client 5-15 unit bisa dengan memilih produk Telkom, Speedy. Namun apabila menginginkan kualitas yang lebih mumpuni dapat memilih provider lainnya yang berbasis wireless. Untuk koneksi VSAT(satelit) biasanya digunakan oleh daerah yang tidak terjangkau koneksi internet wireless dan via kabel telepon. Untuk koneksi VSAT biaya yang diperlukan lebih besar karena adanya penambahan alat berupa parabola VSAT.




Desain Ruangan
Warnet identik dengan diperlukannya ruang privasi. Untuk itulah perlu dipikirkan konsep desain warnet yang diinginkan, yang sekiranya nyaman untuk konsumen. Kalo menurut saya,minimal sekat menutupi monitor sudah cukup, namun kalo budget memungkinkan, bisa dibuat seperti kamar-kamar kecil atau ruang-ruang kecil. Namun ruang terlalu tertutup dikhawatirkan terjadi penyimpangan penggunaan.Sesuaikan desain anda dengan budgetnya.




Pemasaran Warnet
Apabila hal-al tersebut di atas sudah terpenuhi dan sudah berjalan dengan baik, maka saatnya fungsi pemasaran dilakukan. Banyak cara memasarkan jasa warnet diantaranya melalui media pamflet, radio, promo ke sekolah-sekolah, terus pasang plang atau spanduk yang menarik di depan warnet. Sehingga dapat menarik konsumen. Oh ya masalah harga juga sangat penting, lihat pesaing anda berapa harga per jamnya, serta insentif apa saja yang ditawarkan.




Operator yang ramah, jujur, Menguasai dasar komputer dan internet
Seringkali konsumen tidak melihat dari mahalnya harga akses internet, namun mereka melihat dari sisi pelayanan yang diberikan oleh Operator. Operator sebagai ujung tombak yang berhubungan langsung dengan konsumen harus memiliki sifat sabar, ramah, dan memahami kemauan konsumen, dan jangan lupa lengkapi diri operator dengan pengetahuan komputer dan internet yang memadai.




Posting yang Berkaitan Dengan



5 komentar:

Dynasis mengatakan...

Kalau mengunakan PC Cloning seperti pada artikel tutorial Instalasi Betwin, bisa gak bung?

anita mui mengatakan...

MAS...UDAH AGAK JELAS NIHH BAYANGAN PINGIN BUKA WARNET JGN LUPA THN DEPAN KULAMAR KM JD PEMANDUKU SAAT AKU MULAI USAHA INI YA YAAA???thanks

Flash-Net mengatakan...

@Dynasis, bisa aja mas pake cloning, soalnya saya juga awalnya pake pc cloning waktu buka warnet, namun ada satu kelemahannya yg sampai saat ini sy belum bisa pecahin, yaitu masalah billingnya, ggak bisa online, paling juga offline artinya client dan billing server ggak nyambung, cuma transaksi di catat di billing server, cuma repot kalo mo ngeset client jadi susah. kalo buat penggunaan pribadi atau sekolah sy rasa ggak akan ribet tapi kalo buat warnet memang lebih ribet mas

@anita mui
wah ada yg nawarin kerja neghh,modalnya aja deh mbah entar bagi hasil hehehe

adlyn987 mengatakan...

mas mau minta saran nih,saya udah buka warnet,lokasi d dalam komplek,200m dari SMP,dan ada beberapa kostan.nah saat ini konsumen menurun,apa ini d karnakan konsumen sudah bosan?atau memang tempat saya kurang strategis,.?

yassa mengatakan...

saya rasa bukan karena bosan...
namun karena pelayanan karena pengalaman saya pelanggan memilih pelayanan yang dirasa paling baik..

Poskan Komentar

Template by : kendhin x-template.blogspot.com