Tutorial Reseter-Reset Printer Epson C90


Buat anda yang menggunakan printer dengan merk Epson terutama tipe C90, mungkin sudah ada yg pernah mengalami yang namanya blinking. Blinking pada printer ini biasanya ada 2 jenis. Yang pertama blinking karena counter telah mencapai batas maksimalnya (100%). Counter ini sepertinya memang dipasang oleh produsen salah satu fungsinya sebagai pengingat (alarm) bahwa printer sudah mencapai kerja puncaknya. Namun hal ini bukan berarti kita tidak bisa mengembalikan lagi nilainya ke 0 %, kita bisa mengembalikan lagi nilai counter tersebut yaitu dengan cara melakukan reset (clear) counter dengan menggunakan software yang dibuat oleh produsen. Saya juga dapatnya dari internet hehehe. Blinking jenis kedua biasanya penyebabnya diluar dari counter. Misal catridge tidak terdeteksi, atau selang (yang menggunakan infus) menghalangi jalur catridge, tabung tinta kosong, dan lain-lain.

Beberapa kali pengalaman saya mereset tipe ini, ciri utama kalau terjadi blinking akibat counter penuh yaitu pada saat printer dinyalakan, catridge tidak bergerak, lampu led power nyala namun ada led merah (kalo ggak salah) yang nyala juga.Apabila kondisinya seperti itu, biasanya karena counter yang penuh. Namun apabila Catridge sempet ada gerakan biasanya bukan karena counter namun karena hal lain seperti dijelaskan di atas. Nah Tutorial yang akan saya jelaskan yaitu mengatasi Blinking yang jenis Pertama. Langsung saja, untuk Mereset counter Epson C90 syarat mutlaknya kita harus memiliki software reseternya. Apabila anda belum memilikinya anda dapat mendownloadnya disini.

Link 1

Sudah didownload?? kemudian coba diekstrak file tadi, dan ada yg berbentuk text (.txt) yang isinya tanggal untuk mereset. Ada ggak ??
Nah kalo sudah lengkap tinggal ikuti petunjuk saya, sebagai berikut :
1. Driver printer epson c90 harus sudah terpasang (terinstall). Printer harus dalam keadaan ON dan kabel USB sudah disambungkan.



2. pada desktop winxp sebelah kanan bawah ada taskbar waktu, klik kanan>adjust date/time.



3. Rubah tanggal menjadi tanggal 15 Juli 2007 kemudian klik Ok.


Rubah tanggalnya menjadi seperti ini :



4. Masuk ke folder Reseter yang tadi sudah diekstrak (boleh diletakan di drive mana saja).
5. cari file adjprog.exe kemudian klik (ingat!! tanggal harus sudah dirubah ke tanggal 15 Juli 2007)
6. Nanti muncul seperti gambar berikut :



7. klik accept
8. Pilih Particular adjustment mode



9. Pilih wast ink pad counter



10. Pastikan USB sudah terpasang dan printer dalam posisi On.
11. Klik Check



12.Klik ok
13. Muncul konfirmasi bahwa pad counter sudah dibaca



14. klik ok
15. Akan terlihat hasilnya seperti pada gambar



16. pada gambar terlihat bahwa pad memiliki nilai 1538 point sedangkan maksimalnya yaitu 7800 point. Artinya counter belum mencapai 100% atau belum penuh. karena memang punya saya tidak ngeblink hehehe
17. Andaikan (kok jadi berandai2) nilainya sama dengan nilai max atau dalam persentase (di bawahnya) 100% berarti harus direset.
18. Anggap saja harus direset, untuk mereset klik Initialization
19. Nanti anda disuruh untuk mematikan printer, dan kemudian menghidupkannya lagi. ggak ada screen shotnya, soalnya punya saya ggak ngeblink (mudah2an jangan ya ....) entar baca aja sendiri konfirmasinya ya... kalo ggak ngerti inggris buka kamus aja hihii.
20. Kemudian disuruh untuk check lagi, nah liat apakah nilainya udah 0% ?? kalo sudah berarti printer kita sudah berhasil direset. Keluarin software resetnya en rubah kembali tanggal komputernya, jangan lupa ya Inga! Inga! hehehe gampang khan ??? buat yg mo donasi ggak nolak koq, hehehe lha koq malah ngemis....bercanda ding. Ada pertanyaan silahkan ke YM aja ya.

Tutorial lengkapnya bisa juga didownload disini
Link 1

Subscribe to receive free email updates:

35 Responses to "Tutorial Reseter-Reset Printer Epson C90"

  1. gw punya tuh epson c90 dah pake infus sih
    masalahnya adalah tinta ga terdeteksi selang ga ada masalah gw jadi binun. kemarin gw bawa ke tempat gw beli ehh ktnya motherboardnya jebol. mau cari motherboard priter sejenis susah banget nih.

    BalasHapus
  2. trims masukannya ya gw tggu tips lainnya

    BalasHapus
  3. q pny printer EPSON C90, udh pake' infus but ad sedikit problem. problemnya adlah lampu led power ama lampu led merah nyala bergantian terus menerus

    BalasHapus
  4. thanks banyak!
    printer gw dah berhasil gw reset!

    BalasHapus
  5. saya Punya c90.. udah infus udah pake kira2
    8 bln,,,,
    masalahnya skrng kalo buat ngeprint jalan
    normal tapiiiiiiiiiiiiii.........
    kertas tetep aja kosong.......
    trus kalo saya cleaning ada bunyi cetek2 padahal sebelumnya gak ada masalah.....
    gimana dong sulusinya ,,,,, Trims..

    BalasHapus
  6. aduhhhhhhhhhhh gimana ya kan waktu itu cuma iseng2 aja di uninstal programnya epson c90 ya yg di inpus gtoh hehe... truzzz mu di istal lagi ko malah susah... teruz aja rentry gtohh.. ugh bete...

    BalasHapus
  7. alhamdulillah. semoga tuhan membalas kebaikanmu. printer ku sudah bisa berjalan lagi. thanks ya. rika

    BalasHapus
  8. hallo, aku minta bantuan nih tolong buatkan tutorial dan resetter T20 E dong... thanks ya. rika

    BalasHapus
  9. Berhasil .... Berhasil .... Berhasil .... Hore ...

    tq bro, ... gw dah berhasil ....

    gw minta bahannya ya wat di copy .... hehehehe

    BalasHapus
  10. hatur nuhun pizan kang informasina abdi janten tenang obo ayeuna mah margi kapendak gening tutorial resetter printer epson c 90

    BalasHapus
  11. moga-moga bs dipke ga error pas di jalankan resetter nya

    BalasHapus
  12. kok error nech setelah di ekstrak di jalankan error,yg bs berguna mana bro?wah dowload 5x sama aja ga ada yg beres!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  13. c90 saya juga bermasalah nih.....waktu di nyalahkan....catridge bergerak kekiri....trus bergerak lg ke posisi awal...langsung indikator lampu merah kedap-kedip....kenapa ya...????
    klo di status monitornya..tulisan na "general error" mohan bantuan nya>>>>>

    BalasHapus
  14. Sip banget bos...


    Makasih dach...

    BalasHapus
  15. download reseter c90 ga bsa pke alias eror terus, ada yg ngsh solusi kirim donnk ke ndangthea@yahoo.com. thnks

    BalasHapus
  16. kalo epson t11 resetternya punya ga mas....kalo ada mao dunk kirimin ke engkong.akep@gmail.com
    trim ya sebelumnya

    BalasHapus
  17. @xander : kalo ggak kedetect biasanya dari chip catridge infusnya.
    @casper & alto belly : kalo lampu kedap-kedip setelah catridge gerak ke kiri dan kanan, coba dibersihin jarum2 di printernya pake tisu, atau chip di catridge infusnya, kalo ggak pancing pake catridge orginal, terus pasang lagi catridge infusan kalo udah normal.
    @slamet : kalo ggak ada hasinya biasanya dari printheadnya, kalo bunyi cetak-cetak biasanya dari perangkat mekanik (gear), biasanya ada yg patah.
    @adel : mungkin softwarenya corrupt, download aja drivernya di epson.co.id
    @handphone & ndangthea : mungkin downloadnya belum sempurna, atau ziddunya lagi error koneksinya, coba aja download lagi.
    @semua : T11 dan T20 belum ketemu, kalo udah ketemu saya posting disini, terima kasih buat semua, maaf saya lambat merespon. Thanks

    BalasHapus
  18. thanks bro, ahir nya c90 gw bisa jalan lagi dengan tutorialnya.

    BalasHapus
  19. mantaft kang.....

    ahli reparasi printer ya....

    mau dnk diajarin......

    BalasHapus
  20. saya punya c90, tapi klo mau ngprint leleeett banget... knp ya?

    BalasHapus
  21. Ah, epson c90 memang banyak masalah!... bagian dalamnya rapuh!... Gw punya epson c90 baru juga setaonan, eh sering ngadat!... Pas gw buka kapnya ga taunya ada per yang lepas dan ada bekas patahan (dibagian geer). Bgm mo gw betulin? Ud kagak bisa. Gw buang aj d ke tempat sampah!! Dasar printer sialaaan.....!!!!

    BalasHapus
  22. gimana cara resert printer C90 infusan....catrid terdeteksi error semua...!!! minta tolong dong!! trims

    BalasHapus
  23. jika dah djlankan tapi pda waktu sampe pada particular adjusment mode gaka mau jalan bagaimana caranya?
    q mohon bantuanannya

    BalasHapus
  24. Sip Mas software nya, printer Espon C90 sudah normal kembali berkat bantuan software ini. Thx ya :)

    BalasHapus
  25. reseter c90 nya eror mas bagaimana yah.?

    BalasHapus
  26. terima kasi infonya
    berhasil
    berhasil
    berhasil

    BalasHapus
  27. Makasih Banyak bos.... entar gua bongkar itu si epson digudang lagi nongkrong. makasih banget... moga2 amal dan ilmunya bertambah... Ok..Ok.. banget dah bos..............cihuuuiiiiii si epson balik pulang..!

    BalasHapus
  28. mohon bantuan boss
    saya pake epson c90 sistem infus,kemarin saya pake tiba2 ga bisa nge print, ada tulisan replace ink catridge please use original ink catridge,,,gitu boss
    padahal sebelumya lancar2 aja,,
    botol tinta infus masih penuh,,
    lampu power dan resume nyala terus,,,
    kira2 apanya ya..
    saya coba instal ulang driver printer nya tetep,,,
    mohon pencerahanya bos,,,tks

    BalasHapus
  29. sangat Bermanfaat tutorialnya mas.

    untuk cara lain reset printer Epson C90 yg lebih mudah coba berkunjung keblog saya ya temen-temen.

    saya mempunyai blog tentang info harga printer Epson terbaru, informasi seputar printer Epson terbaik dan yang masalah-masalah printer khususnya Epson coba kunjungi ya temen2 semua :)

    Harga Printer Epson

    BalasHapus
  30. Alhamdulillah ada juga yah orang baik nih,,
    Mudah-mudahan bermanfaat di tunggu posting-posting buat Risset Printer Epson yang lainya,,,!!!!

    BalasHapus
  31. mas saya maw nanya epson c90 saya ini nyala seperti biasa yapi habis itu merah na nyala dan gag bisa di pakai buat ngprint tukusan na general eror itu bagaimana yamohin bantuan nya

    BalasHapus
  32. wah selamat ya saudara ku...semoga makin berkah dan di lapangkan rejeki oleh Allah

    Penting Untuk Anda Semua!!!
    peluang Menghasilkan Uang dari Internet Paling Terpercaya semenjak 2011. dan incomenya luar biasa besar..
    kita berpeluang hasilkan uang Maksimal 480.000 perhari x30=14.000.000 Perbulan...
    syarat adalah

    1.anda Punya email
    2.anda punya rekening
    3.anda berumur 18 tahun
    4. mau bekerja keras dan tidak mudah menyerah

    jika anda ingin bergabung silahkan kunjungi
    http://goo.gl/Vnrtk

    semoga bermanfaat

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus